PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK KELAS III SDN 3 GOLONG KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

ADI, SURATMAN (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK KELAS III SDN 3 GOLONG KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ADI SURATMAN (E1E217003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning, mengetahui kelayakan LKPD, respon guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban untuk kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengem- bangan Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono. Penelitian ini menggunakan 7 tahapan penelitian, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian dilakukan di SDN 3 Golong, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning pada pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban untuk kelas III SD. Kelayakan LKPD berbasis discovery learning berdasarkan penilaian dari validator ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.57, penilaian dari validator ahli bahasa mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.25, dan penilaian dari validator ahli desain mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.7. Hasil uji coba lapangan kelompok kecil berdasarkan penilaian respon guru mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata skor 3.96, dan penilaian respon peserta didik mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata skor 3.85, sedangkan uji coba lapangan kelompok besar tidak bisa terlaksana karena wabah covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: LKPD, PPKn, Discovery Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:27
Last Modified: 23 Jun 2021 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22347

Actions (login required)

View Item View Item