RESPONS BEBERAPA KARAKTER FISIOLOGI TIGA GENOTIPE KEDELAI (Glycine max ( L.) Merril) BERBIJI BESAR PADA KONDISI STRES GENANGAN

Nurhasanah, Nurhasanah (2021) RESPONS BEBERAPA KARAKTER FISIOLOGI TIGA GENOTIPE KEDELAI (Glycine max ( L.) Merril) BERBIJI BESAR PADA KONDISI STRES GENANGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nurhasanah C1M016134.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons beberapa karakter fisiologi tiga genotipe kedelai berbiji besar pada kondisi stres genangan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni sampai Agustus 2020 di Rumah Kaca Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan media tanam yang ditempatkan pada ember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah adalah Rancangan Petak Terpisah (Split Plot Design) dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Petak Utama adalah perlakuan cekaman genangan terdiri dari G0 (Kontrol ), G1 (Genangan Vegetatif ) dan G2 (Genangan Vegetatif – Generatif ). Anak Petak adalah genotipe tanaman kedelai terdiri dari Galur KH1 (V1), Argomulyo (V2) dan Grobogan ( V3). Dari kedua faktor tersebut terdapat 36 kombinasi perlakuan. Data hasil percobaan dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) pada taraf nyata 5% dan dilanjutkan dengan uji lanjut DMRT (Duncan Multiple Range Test) untuk menguji parameter yang berpengaruh nyata pada taraf α=0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon fisiologi ketiga genotipe berbeda karena perbedaan genetik terhadap cekaman genangan. Genotipe KH1 hasil biomassa tertinggi pada parameter berangkasan basah dan berangkasan kering sedangkan untuk respons fisiologinya tertinggi pada kandungan klorofil b. Agromulyo respon fisiologinya tertinggi pada parameter stomata membuka, stomata menutup, kadar klorofil a dan kandungan air relative daun. Sedangkan Grobogan memperoleh respon fisiologi yang paling rendah di parameter klorofil a, klorofil b, jumlah stomata menutup dan berat biomassa seperti berat berangkasan basah dan berangkasan kering. Genotipe Agromulyo dan KH1 lebih toleran terhadap cekaman genangan dibanding genotipe Grobogan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Cekaman Genangan, Genotipe Kedelai, Respon Karakter Fisiologi.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:30
Last Modified: 23 Jun 2021 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item