KANDUNGAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK DEDAK PADI HASIL PENGGILINGAN MOBILE YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN JAMUR Saccharomyces Cereviseae

Rima, Seytiawati (2021) KANDUNGAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK DEDAK PADI HASIL PENGGILINGAN MOBILE YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN JAMUR Saccharomyces Cereviseae. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Rima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan bahan kering dan bahan organik dedak padi hasil penggilingan mobile yang difermentasi dengan jamur Saccharomyces Cereviseae. Penelitian telah dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram sejak tanggal 9 September sampai dengan tanggal 6 Oktober 2020. Penelitian didesain menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola faktorial 3x3 dengan 2 faktor yaitu faktor level penggunaan jamur saccharomyces cereviseae (0%, 2% dan 4%) dan faktor lama waktu fermentasi (7, 14, dan 21 hari), setiap perlakuan diulang 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis variansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level pemberian Saccharomyces cerivisiae berpengaruh nyata ( P≤ 0,05) terhadap kandungan bahan kering, sedangkan lama waktu fermentasi tidak berpengaruh nyata (P≥ 0,05), namun tidak terdapat interaksi antara lama waktu fermentasi dengan level penggunaan Saccharomyces cerivisiae terhadap kandungan bahan kering maupun bahan organik. Faktor level Saccharomyces cerivisiae dan lama waktu fermentasi tidak berpengaruh nyata (P≥0,05) terhadap kandungan bahan organik dedak padi hasil penggilingan mobil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Lama Fermentasi, Saccharomyces Cerivisiae, bahan kering, bahan organik, dedak padi, penggilingan mobile.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:30
Last Modified: 23 Jun 2021 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22354

Actions (login required)

View Item View Item