KERAGAMAN PREDATOR ULAT GERAYAK JAGUNG (Spodoptera frugiperda) SELAMA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L) DI DESA JATI SELA LOMBOK BARAT

MIFTAHUL, JANNAH (2021) KERAGAMAN PREDATOR ULAT GERAYAK JAGUNG (Spodoptera frugiperda) SELAMA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L) DI DESA JATI SELA LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M016109 - SKRIPSI Miftahul Jannah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keragaman Predator Ulat Gerayak Jagung (Spodoptera frugiperda) Selama Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays) Di Jati Sela Lombok Barat.Penelitian ini telah dilakukan di lapangan dan laboratorium pada bulan September sampai bulan November 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pengamatan langsung di areal tanaman jagung dan identifikasi koleksi spesimen. Penelitian ini mencakup 2 kegiatan utama, yaitu pengamatan di Lapangan dan pengamatan di Laboratorium. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dan laboratorium ditemukan 8 spesies serangga predator hama Spodoptera frugiperda di Desa Ireng Kecamatan Gunung Sari, di antaranya Spesies Cheilomenes sexmaculata, Spesies Coelophora inaequalis, Spesies Verania lineate, Spesies Polistes gallicus, Spesies Polyrchachis dives Smith, Spesies Crysopa sp., Spesies Metioche vittaticolis dan Spesies Lycosa sp. Indeks keragaman serangga predator hama Spodoptera frugiperda pada pertanaman Jagung adalah (H´) 1,80. Hasil terebut dapat dikategorikan sebagai indeks keanekaragaman sedang, artinya ekosistem dalam kondisi dan produktivitas seimbang serta tekanan ekologis baik. Kelimpahan relatif serangga predator yang terdapat pada pertanaman jagung menujukkan bahwa serangga predator yang memiliki kelimpahan yang berbeda-beda. Kelimpahan tertinggi yaitu serangga predator yang memiliki kelimpahan tertinggi yaitu Spesies Polistes gallicus dengan angka kelimpahan sebesar 29,69%. Nilai kelimpahan yang paling rendah yaitu pada predator Spesies Polyrchachis dives Smith yaitu sebesar 1,95%. Indeks Dominasi dari masing-masing jenis serangga predator hama Spodoptera frugiperda memiliki nilai yang berbeda dan tidak ada satu spesiespun yang mendominasi. Nilai dominasi keseluruhan predator yaitu 0,17 maka nilai dominasi dapat dikatakan mendekati 0 (<0,5) maka tidak ada predator yang mendominasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Keragaman, Predator, Spodoptera frugiperda, Pertumbuhan, Jagung
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:30
Last Modified: 23 Jun 2021 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22356

Actions (login required)

View Item View Item