PENGARUH PESTISIDA NABATI EKSTRAK BATANG TEMBAKAU VIRGINIA TERHADAP POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA Aphis sp. PADA TANAMAN KENTANG

Wahyu, Apriady (2021) PENGARUH PESTISIDA NABATI EKSTRAK BATANG TEMBAKAU VIRGINIA TERHADAP POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA Aphis sp. PADA TANAMAN KENTANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Wahyu Apriady-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa konsentrasi pestisida nabati ekstrak batang tembakau Virginia terhadap populasi dan intensitas serangan hama aphis sp. pada tanaman kentang. Percobaan ini dilaksanakan mulai dari bulan Agustus hingga bulan November 2020 di desa Sembalun Bumbung, kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan dilapangan dan rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acaka Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan, P0 (kontrol), P1 (abamectin), P2 (pesnab ekstrak batang tembakau Virginia 2 ml/L), P3 (pesnab ekstrak batang tembakau Virginia 4 ml/L), P4 (pesnab ekstrak batang tembakau Virginia 6 ml/L), P5 (pesnab ekstrak batang tembakau Virginia 8 ml/L). Setiap perlakuan di ulang sebanyak 3 kali sehingga didapatkan 18 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terendah dalam mengendalikan populasi dan intensitas serangan hama aphis adalah Abamectin 0,5 ml/L, Sedangan dari 4 perlakuan pestisida nabati ekstrak batang tembakau yang paling efektif adalah perlakuan P4 (ekstrak batang tembakau 6 ml/L).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Tanaman Kentang, Hama Aphis sp, Pestisida Nabati Ekstrak Batang Tembakau Virginia.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:23
Last Modified: 23 Jun 2021 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22357

Actions (login required)

View Item View Item