PENGARUH DOSIS PUPUK ORGANIK KASCING DAN JARAK TANAM TERHADAP RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata sturt).

Rahmad, Fadli (2021) PENGARUH DOSIS PUPUK ORGANIK KASCING DAN JARAK TANAM TERHADAP RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata sturt). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RAHMAD FADLI_C1M016148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dosis optimum dan pupuk kascing dan jarak tanam optimum untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan di lahan yang bertempat di Dusun Karang Tembe, Desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat yang dimulai dari bulan Agustus - Oktober 2020 Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial yang terdiri atas dua faktor yaitu dosis pupuk kascing terdiri atas 4 aras dan jarak tanam terdiri atas 2 aras Kombinasi dari kedua faktor diperoleh 8 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali, sehingga diperoleh 24 unit percobaan Data dianalisa dengan analisis sidik ragam dan uji BNI pada taraf nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa donis pupuk organik kascing berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Penanaman dengan beberapa jarak tanam yang berbeda menunjukkan pengaruh yang nyata pada semua parameter pengamatan kecuali parameter jumlah daun. Untuk interaksi tiap perlakuan menunjukkan pengaruh nyata terhadap perlakuan tinggi tanaman, berat berangkasan basah dan kering, berat tongkol per bedeng. Sedangkan interaksi tiap perlakuan menunjukkan pengaruh yang tidak nyata pada jumlah daun, luas daun, panjang dan diameter tongkol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Jagung manis, kascing, jarak tanam, interaksi. .
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:24
Last Modified: 23 Jun 2021 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22358

Actions (login required)

View Item View Item