PERSEPSI GURU TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF DI SMK NEGERI 5 MATARAM

Siti, Lailatul Aeni (2021) PERSEPSI GURU TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF DI SMK NEGERI 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Siti Lailatul Aeni_Revisi ke 3 (Repaired)-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang pendidikan inklusif di SMK Negeri 5 Mataram yang mencakup pelaksanaan pembelajaran, kompetensi guru, dan sarana prasarana sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang pendidikan inklusif sudah cukup baik. Dilihat pada pelaksanaan pembelajarannya sudah sesuai dengan standar proses yaitu terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kompetensi guru sudah mencapai standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, dan sosial. Sarana prasarana sekolah inklusi belum sesuai dengan standar sarana prasarana sekolah. Hal tersebut karena hanya terdapat ruang kelas tanpa lemari, perpustakaan, laboratorium, ruang tenaga pendidik dan kependidikan, tempat ibadah, toilet umum, dan ruang praktek sesuai jurusan kecuali jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Adapun sarana prasarna yang belum tersedia lainnya yaitu ruang OSIS, ruang ibadah untuk non muslim, dan toilet berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Persepsi Guru, Pendidikan Inklusif, Pelaksanaan Pembelajaran, Kompetensi Guru, Sarana Prasarana.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 06:58
Last Modified: 23 Jun 2021 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22363

Actions (login required)

View Item View Item