STUDI KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KERIPIK TALAS UD SELALU JAYA DI KOTA MATARAM

Putu Febri Listanaya Pratami, Ni (2021) STUDI KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KERIPIK TALAS UD SELALU JAYA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skipsi Ni Putu Febri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk keripik talas UD Selalu Jaya di Kota Mataram, 2) mengetahui apa saja atribut-atribut keripik talas yang menentukan kepuasan konsumen, 3) mengetahui hubungan antara kualitas produk dengan tingkat kepuasan konsumen keripik talas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan observasi. Penelitian inii dilakukan di Kota Mataram dengan menetapkan tiga kecamatan yaitu Kecamatan Mataram, Kecamatan Selaparang dan Kecamatan Cakranegara. Penentuan responden ditetapkan sebanyak 50 responden, jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara 1) Uji Validitas dan Reliabilitas, 2) Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian mengatakan bahwa 1) tingkat kepuasan konsumen terhadap produk keripik talas UD Selalu Jaya di Kota Mataram yang menggunakan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan bahwa seluruh konsumen merasa cukup puas, hal ini dapat dilihat dari nilai CSI sebesar 0,64 dengan rentang skala 0,51-0,65. 2) Atribut-atribut produk keripik talas yang menentukan kepuasan konsumen terdapat pada kuadran II (pertahankan prestasi) meliputi 5 atribut yang disukai konsumen karena kinerja atribut produk tinggi dan memuaskan konsumen. 3) Hubungan antara kualitas produk dengan tingkat kepuasan konsumen dipetakan dalam empat kuadran yaitu kuadran I (prioritas utama) terdapat dua atribut yang memiliki tingkat kinerja yang tinggi akan tetapi kepuasan konsumen yang rendah, kuadran II (pertahankan prestasi), tingkat kinerja dan kepuasan yang tinggi ditempati lima atribut, kuadran III (prioritas rendah) dengan tingkat kinerja dan kepuasan yang rendah, kuadran ini ditempati empat atribut produk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Atribut Produk, Keripik Talas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:45
Last Modified: 23 Jun 2021 23:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22365

Actions (login required)

View Item View Item