PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 23 MATARAM

NASTI, MAELANI (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 23 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NASTI MAELANI_E1B016037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peranan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya mencegah kenakalan siswa di sekolah, 2) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan siswa di sekolah. 3) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya mencegah kenakalan siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan Subjek Penelitian Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Informan meliputi: Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru BK, Dan Siswa yang terindikasi melakukan Kenakalan di sekolah. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah menggunakan teknik analisis data dengan 4 (empat) komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya mencegah masalah kenakalan siswa di sekolah dilakukan melalui peran sebagai pembimbing, sebagai model (contoh), sebagai agen moral dan sebagai komunikator. 2) Upaya-upaya yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan siswa di sekolah dengan melakukan upaya pencegahan kenakalan siswa secara umum dan pencegahan kenakalan siswa secara khusus. 3) Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan dalam upaya mencegah kenakalan siswa di sekolah yaitu: Keterbatasan Alokasi Waktu dalam memberikan pembinaan dan bimbingan, Pergaulan teman sebaya yang negatif, orang tua siswa tidak memenuhi panggilan dari pihak sekolah, dan sikap masa bodoh siswa terhadap nasihat guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Upaya Guru PPKn, Kenakalan Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:46
Last Modified: 23 Jun 2021 23:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22375

Actions (login required)

View Item View Item