PENGARUH KOMPETISI BEBERAPA KELOMPOK GULMA DAN KOMBINASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KEHILANGAN HASIL JAGUNG (Zea mays L.)

Ita, Nia Sagita (2021) PENGARUH KOMPETISI BEBERAPA KELOMPOK GULMA DAN KOMBINASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KEHILANGAN HASIL JAGUNG (Zea mays L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetisi dan kemampuan dari kelompok gulma teki, rumput-rumputan dan berdaun lebar serta kombinasi dari ketiganya terhadap pertumbuhan dan menurunkan hasil tanaman jagung (Zea mays L.). Penelitian dilakakukan di Desa Kakiang, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa Besar, Propinsi Nusa Tenggara Barat dari bulan Agustus - November 2020. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri atas 8 perlakuan dengan 3 ulangan, sehingga terdapat 24 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perlakuan kompetisi kelompok gulma rumput-rumputan, teki, berdaun lebar dan kombinasinya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil jagung. Pada kondisi tanaman dibiarkan bergulma selama tumbuhnya, gulma rumput-rumputan mampu mereduksi hasil tanaman 13,908 %, gulma teki 4,39 % dan gulma berdaun lebar 5,67 %. Tanaman bergulma dari kelompok rumput-rumputan saja kehilangan hasil tanaman mencapai 21,12 %, dari teki 16,0386 % dan dari gulma berdaun lebar 9,74%. Gulma berdaun lebar ternyata memiliki daya saing paling rendah dan kemampuannya mereduksi hasil tanaman jagung. Terbukti populasi tanaman dan hasil pipilan kering jagung yang diperoleh tertinggi pada perlakuan tanaman bergulma dari kelompok gulma berdaun lebar, yaitu 673,33 g m-2 , dengan populasi tanaman ideal 7,40rumpun m-2 . Hasil ini tidak berbeda nyata dengan hasil yang diperoleh pada perlakuan tanaman bebas gulma sebanyak 677,35 g m-2 , dengan populasi tanaman 7,47 rumpun m-2 .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : kompetisi, gulma, rumput-rumputan, teki dan daun lebar
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2021 00:48
Last Modified: 24 Jun 2021 00:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22376

Actions (login required)

View Item View Item