PENGARUH KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR NASA PLUS HORMONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN WORTEL (Daucus carota L.) DI DATARAN RENDAH

Guntur, Gilang Samudra (2021) PENGARUH KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR NASA PLUS HORMONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN WORTEL (Daucus carota L.) DI DATARAN RENDAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Guntur-Gilang-S.-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman wortel (Daucus carota L.) umumnya dibudidayakan di dataran tinggi, namun keterbatasan lahan serta permintaan yang semakin tinggi mendorong pengembangannya ke dataran yang lebih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi POC NASA plus Hormonik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman wortel di dataran rendah. Penelitian dilakukan di Desa Bagik Polak, Kecamatan Labu Api, Kabupaten Lombok Barat, dengan ketinggian tempat 35 m dpl. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok satu faktor yaitu konsentrasi POC NASA Plus Hormonik dengan 6 aras yaitu yaitu; 0 ml/l (K0), 5ml/l (K1), 10ml/l (K2), 15ml/l (K3), 20ml/l (K4) dan 25ml/l (K5) dengan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi POC NASA plus Hormonik berpengaruh nyata terhadap laju pertambahan panjang daun, laju pertambahan jumlah daun, panjang umbi dan kekerasan umbi, namun tidak berpengaruh nyata terhadap bobot berangkasan basah tanaman, bobot berangkasan kering tanaman, bobot umbi per tanaman, tingkat kemanisan, perbandingan korteks dengan stele dan hasil umbi. Hasil umbi wortel di dataran rendah dengan perlakuan POC NASA plus Hormonik adalah 2,35 – 2,81 kg/m² setara dengan 16,4 – 19,7 ton/ha sedangkan tanpa POC NASA plus Hormonik adalah 1,70 kg/m² setara dengan 11,9 ton/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Wortel, Pupuk Organik Cair NASA Hormonik, konsentrasi, dataran rendah.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2021 00:49
Last Modified: 24 Jun 2021 00:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22379

Actions (login required)

View Item View Item