RESPONS PETANI TERHADAP MEDIA MASSA CETAK DAN ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA INFORMASI PERTANIAN DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Reza Sanjaya, Muh. (2019) RESPONS PETANI TERHADAP MEDIA MASSA CETAK DAN ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA INFORMASI PERTANIAN DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_MUH.REZA SANJAYA_RESPONS PETANI TERHADAP MEDIA MASSA CETAK DAN ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA INFORMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sektor pertanian di Indonesia merupakan tulang punggung dari perekonomian dan pembangunan nasional, hal tersebut dapat dilihat dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB), penerimaan devisa, penyerapan tenaga kerja, penyediaan pangan, dan penyediaan bahan baku industri. Dalam upaya mendukung pembangunan pertanian di Indonesia, belakangan ini penggunaan media massa cetak dan elektronik mulai dimanfaatkan sebagai media informasi pertanian, namun kesiapan sumberdaya petani tidak mendukung seperti gagap teknologi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui respons petani terhadap media massa cetak dan elektronik sebagai media informasi pertanian, serta mengetahui hambatan yang dihadapi petani dalam memperoleh dan memanfaatkan informasi dari media massa sebagai media informasi pertanian di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan mewawancarai responden sebanyak 33 responden. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif selanjutnya dideskripsikan. Hasil penelitian meunjukkan bahwa respons petani berada pada kategori kurang baik dengan komponen pengetahuan berada pada kategori sedang, komponen sikap pada kategori kurang setuju, dan komponen penerapan ketarampilan pada kategori tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Respons, media massa, pengetahuan, sikap, penerapan keterampilan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2021 00:49
Last Modified: 24 Jun 2021 00:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22380

Actions (login required)

View Item View Item