PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8PADA TEMA 8 “DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 2 “KEUNIKANTEMPAT TINGGALKU PEMBELAJARAN 1 (KEARIFAN LOKAL LOMBOK) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SATRIA, IMAM HUSNADI (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8PADA TEMA 8 “DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 2 “KEUNIKANTEMPAT TINGGALKU PEMBELAJARAN 1 (KEARIFAN LOKAL LOMBOK) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SRIPSI SATRIA IMAM HUSNADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif berbasis macromedia flash professional 8 yang layak digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model Alessi & Trollip. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjun yang dilakukan dalam kelompok kecil dengan jumlah pesrta didik 6 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu planning, design, dan development. Tahap planning yaitu menganalisis kebutuhan siswa, menganalisis karakteristik siswa, mengumpulkan sumber-sumber, dan wawancara dengan guru kelas IV. Tahap design yaitu perancangan desain produk dan perangkat. Tahap development yaitu pengembangan multimedia interaktif berbasis macromedia flash professional 8, melakukan validasi dan revisi. Data penelitian diperoleh menggunakan angket validasi uji kelayakan media untuk ahi materi, ahli media dan peserta didik, observasi keterlaksanaan penggunaan media dan aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Produk pengembangan oleh ahli media dikategorikan “sangat baik“ dengan nilai rata-rata 4,8 dan oleh ahli materi dikategorikan “sangat baik” dengan nilai rata-rata 4,8. Respon peserta didik terhadap media dikategorikan “sangat baik” dengan respon rata-rata 4,4. Tes hasil belajar dengan nilai klasikal ketuntasan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis macromedia flash professional 8 pada tema 8 “daerah tempat tinggalku” subtema 2 “keunikan daerah tempat tinggalku” pembelajaran 1 (kearifan lokal Lombok) yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penelitian dan pengembangan, model Alessi & Trollip, multimedia interaktif, macromedia flash professional 8.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:17
Last Modified: 24 Jun 2021 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22385

Actions (login required)

View Item View Item