PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA PUTIH DALAM PENGENCER TRIS-KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SEMEN KAMBING KACANG PADA SUHU RUANG

NURLAILI, AGUSTIN (2021) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA PUTIH DALAM PENGENCER TRIS-KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SEMEN KAMBING KACANG PADA SUHU RUANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NURLAILI AGUSTIN_B1D017234.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dimulai pada bulan Maret 2021 sampai dengan April 2021, Pemeliharaan kambing kacang dan penampungan semen dilaksanakan di Lingkungan Batu Ringgit, sekarbela kota mataram. Pemeriksaan semen dan pengambilan data bertempat di Laboraturium Pusat Unggulan Biosains dan Tekhnologi (PUBB) Fakultas MIPA, Universitas Mataram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak kulit buah naga putih (Hylocereus Undatus) dalam pengenceran tris-kuning telur terhadapa kualitas semen kambing kacang dalam suhu ruang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental laboratorik dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Sperma kambing kacang dewasa berumur 2 tahun diencerkan dengan pengencer Tris-kuning telur yang mengandung kosentrasi ekstrak kulit buah naga putih. Variabel yang diamati adalah progresif motilitas, daya tahan hidup (viabilitas) dan abnormalitas spermatozoa. Semen diencerkan dengan pengencer tris kuning telur ayam yang ditambahkan ekstrak kulit buah naga dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan dengan konsentrasi 0% (kontrol), 1%, 2% dan 3%. Hasil evaluasi setelah pengenceran pada rataan viabilitas dengan perlakuan pada P0, P1, P2 dan P3 menunjukkan yang terbaik yaitu pada P1 (86,4±2,42). Rataan abnormalitas dengan perlakuan pada P0, P1, P2 dan P3 menunjukkan rataan yang terbaik yaitu pada P1 (4,40±1,02). Rataan motilitas progresif dengan perlakuan pada P0, P1, P2 dan P3 menunjukkan yang terbaik yaitu yaitu P1 (64±3,74).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci Kambing Kacang, Motilitas, Viabilitas, Abnormalitas, Kulit Buah Naga (Hylocereus Undatus)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2021 05:47
Last Modified: 28 Jun 2021 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22395

Actions (login required)

View Item View Item