PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SEDERHANA BAHASA INDONESIA SISWA SDN GUGUS 03 KECAMATAN PUJUT

DIANA, MARIA ULFA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SEDERHANA BAHASA INDONESIA SISWA SDN GUGUS 03 KECAMATAN PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIANA LENGKAP acc fixxx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis teks prosedur sederhana peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus 03 Kecamatan Pujut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di gugus 03 Kecamatan Pujut yang bejumlah 78 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling berjenis simple random sampling diperoleh 60 siswa. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji korelasi pearson product moment dan uji signifikansi menggunakan bantuan SPSS 16. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai rhitung (0,296) < rtabel 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis teks prosedur sederhana bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar di Gugus 03 Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2020/2021” ditolak. Sehingga tidak ada hubungan yang signifikan antara model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis teks prosedur sederhana bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar di Gugus 03 Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Keterampilan Menulis Teks Prosedur Sederhana, Model pembelajaran Picture and Picture, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2021 05:47
Last Modified: 28 Jun 2021 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22398

Actions (login required)

View Item View Item