Bella, Riskyana (2021) STUDI KASUS TENTANG SISWA UNDERACHIEVEMENT DI SDN 26 AMPENAN TAHUN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI Bella Riskyana.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, faktor yang mempengaruhi siswa underachievement serta cara penanganannya pada siswa kelas V SDN 26 Ampenan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada 4 siswa yang diperoleh dari hasil tes IQ pada 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori siswa underachievement ternyata berbeda- beda, ada yang sensitif, mudah menangis, sering bolos dan tidak mau mendengarkan penjelasan saat guru mengajar. Faktor yang mempengaruhi dibedakan menjadi 2 yaitu faktor internal, dari diri siswa, motivasi, (kondisi fisik, kepribadiannya). Faktor eksternal berasal dari proses pembelajaran, keluarga (kurang mendukung, kurangnya menghargai dan kurang peduli). Dalam penanganannya guru cenderung menggunakan tiga cara yaitu, pengembagan materi, bimbingan konseling, dan mengembangkan gaya belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: underachievement, siswa SD, guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 05:47 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 05:47 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22399 |
Actions (login required)
View Item |