KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK DEDAK PADI ASAL PENGGILINGAN MOBILE YANG DIFERMENTASI DENGAN Saccharomyces Cerevisiae

SUSI, SUSANTI (2021) KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK DEDAK PADI ASAL PENGGILINGAN MOBILE YANG DIFERMENTASI DENGAN Saccharomyces Cerevisiae. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi SUSI SUSANTI rev 7 Apr 21.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kecernaan Bahan Kering dan Kecernaan Bahan Organik dedak padi asal penggilingan mobile yang difermentasi dengan saccharomyces cerevisiae. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 9 September sampai 6 Oktober 2020. Penelitian ini disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap pola faktorial dengan dua faktor yaitu faktor level penggunaan fermentor Saccharomyces cerevisiae (0%, 2% dan 4%) dan faktor lama waktu fermentasi (7,14 dan 21 hari), setiap perlakuan direplikasi sebanyak 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis variansi pola dua arah (two-way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa level penggunaan saccharomyces cerevisiae berpengaruh sangat nyata (P 0,01) terhadap nilai Kecernaan Bahan Kering maupun Kecernaan Bahan Organik dedak padi hasil penggilingan mobile sedangkan lama waktu fermentasi tidak berpengaruh nyata (P terhadap nilai Kecernaan Bahan Kering maupun Kecernaan Bahan Organik dedak padi hasil penggilingan mobile. Selain itu, terdapat interaksi nyata (P 0,05) antara level penggunaan saccharomyces cerevisiae dengan lama waktu fermentasi terhadap nilai Kecernaan Bahan Organik dedak padi hasil penggilingan mobile, namun tidak terdapat interaksi yang nyata (P 0,05) antara level penggunaan saccharomyces cerevisiae dan lama waktu fermentasi terhadap nilai Kecernaan Bahan Kering dedak padi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kecernaan, Dedak Padi, huller mobile, Saccharomyces Cerevisiae Fermentasi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2021 07:40
Last Modified: 28 Jun 2021 07:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22404

Actions (login required)

View Item View Item