ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA NILAI MUTLAK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JANAPRIA TAHUN AJARAN 2020/2021

EMI, LARA SAFITRI (2021) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA NILAI MUTLAK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JANAPRIA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EMI LARA SAFITRI (E1R016026).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika nilai mutlak. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan didapatkan kelas X MIA 1 SMAN 1 Janapria tahun ajaran 2020/2021 sebagai subjek penelitian. Untuk memperdalam hasil penelitian dipilih 2 siswa dari setiap tipe gaya belajar. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan angket gaya belajar, tes diagnostik, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh (i) siswa bergaya belajar visual dan auditorial sebagian besar cenderung melakukan kesalahanpada tahap transformation, process skill, dan encoding. Sedangkan siswa bergaya belajar kinestetik sebagian besar cenderung melakukan kesalahan pada tahap comprehension, transformation, process skill, dan encoding. (ii) penyebab kesalahan siswa bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik adalah siswa tidak menguasai materi prasyarat, tidak memahami maksud soal yang ditanyakan, kurang memahami tanda pertidaksamaan yang digunakan dalam membuat model matematika, tidak menguasai langkah-langkah penyelesaian soal, terburu-buru, kurang teliti, dan tidak fokus ketika mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: analisis kesalahan Newman, soal cerita, nilai mutlak, gaya belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2021 07:40
Last Modified: 28 Jun 2021 07:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22405

Actions (login required)

View Item View Item