HAK WARIS ANAK LUAR KAWIN MENURUT KITAB UNDANG- UNDANG HUKUM PERDATA DAN HUKUM ADAT BALI (Suatu Tinjauan Perbandingan Hukum)

PUTU ELIANA TRISNAYANI, NI (2021) HAK WARIS ANAK LUAR KAWIN MENURUT KITAB UNDANG- UNDANG HUKUM PERDATA DAN HUKUM ADAT BALI (Suatu Tinjauan Perbandingan Hukum). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
fix HAK WARIS ANAK LUAR KAWIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa hak waris anak luar kawin menurut KUHPerdata dengan Hukum Adat Bali dan mengetahui persamaan serta perbedaan hak waris anak luar kawin menurut KUHPerdata dengan Hukum Adat Bali. Penelitian dilaksanakan dengan mengaplikasikan metode penelitian hukum normatif yang menggunakan pendekatan perundang- undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan kasus. Penenlitian ini menghasilkan bahwa KUHPerdata menyatakan anak luar kawin yang telah diakui saja yang berhak mendapatkan status keperdatan dari kedua orangtuanya, sedangkan terhadap anak zina dan anak sumbang tidak mendapathakwaris. setelah adanya putusan MK No. 46/PUU-VIII/2010 memberi ketentuan bahwa anak luar kawin mendapatkan status keperdataan dari kedua orang tuanya, KUHPerdata juga mengatur bagaimana persentase pembagian harta waris bagi anak luar kawin, pengaturan waris bagi anak luar kawin dapat dilihat dalam Pasal 863-865 KUHPerdata. Hukum Adat Bali tidak mengakui anak luar kawin sebagai ahli waris dari bapak biologisnya, sehingga hubungan perdata anak luar kawin hanya kepada ibunya saja, tetapi anak luar kawin tetap menjadi tangungan orang tuanya hanya sebatasi pemberian lepas (bukan warisan)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perbandingan Hukum, Penerapan Hukum Waris, Anak Luar Kawin
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 00:42
Last Modified: 29 Jun 2021 00:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22406

Actions (login required)

View Item View Item