PENERAPAN UPAH MINIMUM BAGI PEKERJA BERDASARKAN KEPUTUSAN GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT NOMOR 561-812 TAHUN 2019 ( STUDI LOMBOK EPICENTRUM MALL )

NURSIN, RIFANDI (2021) PENERAPAN UPAH MINIMUM BAGI PEKERJA BERDASARKAN KEPUTUSAN GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT NOMOR 561-812 TAHUN 2019 ( STUDI LOMBOK EPICENTRUM MALL ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nursin Rifandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerpan upah minimum bagi pekerja berdasarkan hukum positif, dan faktor yang mempengaruhi penerapan Penetapan Upah Minimum Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif empiris, sedangkan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan perundang-undangan, pendekatan sosiologis, pendekatan yuridis empiris, dan pendekatan yuridis normatif, selanjutnya data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah beberapa toko yang berada di Lombok Epicentrum Mall ada yang menerapkan gaji berdasarkan hukum positif dimana perusahaan memberikan gaji sesuai dengan UMP yang berlaku dan perusahaan memberikan gaji dengan sistem bulanan tepat pada waktunya melalui bank. Dan ada juga perusahaan yang memberikan gaji kepada pekerja tidak sesuai atau dibawah ketentuan UMP yang berlaku. kemudian faktor yang mempengaruhi penerapan penetapan UMP yaitu faktor yuridis dan faktor non yuridis .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Penerapan, Upah Minimum, bagi pekerja
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 01:09
Last Modified: 29 Jun 2021 01:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22407

Actions (login required)

View Item View Item