STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN MEDIATAMA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SERI HOTS KELAS IV KURIKULUM 2013

MARDIANA, MARDIANA (2021) STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN MEDIATAMA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SERI HOTS KELAS IV KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Mardiana (E1E017078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang menjadi acuan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Keberadaan buku teks sangat penting sehingga penyusunannya perlu diperhatikan agar menunjang kegiatan pembelajaran. Saat ini kita dapat menjumpai berbagai jenis buku yang beredar ditengah masyarakat dengan karakteristik yang berbeda. Buku yang beredar dari tahun ke tahun terus diperbarui menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Saat ini banyak para penulis yang berlomba-lomba menyusun buku teks tanpa memperhatikan standar penyusunan buku. Hal ini tentu dapat menjadi sumber permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian standar isi, bahasa, dan penyajian buku tematik terbitan Mediatama tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Seri HOTS Kelas IV Kurikulum 2013 dengan standar yang ditetapkan BSNP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis data menurut Krippendorff. Hasil analisis menunjukkan kesesuaian standar isi sebesar 91,7% (sangat sesuai), keseuaian standar bahasa sebesar 97,2% (sangat sesuai) dan standar penyajian sebesar 91,6% (sangat sesuai).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Standar isi, bahasa, dan penyajian, Buku tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:12
Last Modified: 29 Jun 2021 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22415

Actions (login required)

View Item View Item