PENGEMBANGAN TARI KREASI AWAS BATUR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN GEDUR KELURAHAN ABIAN TUBUH BARU

Nyoman Satyani Gita Wedastari, Ni (2021) PENGEMBANGAN TARI KREASI AWAS BATUR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN GEDUR KELURAHAN ABIAN TUBUH BARU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi- Ni Nym Satyani Gita Wedastri (E1F016051) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh masih belum berkembangnya motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Gedur Kelurahan Abian Tubuh Baru dalam hal melakukan koordinasi tangan kanan dan tangan kiri, melakukan koordinasi kaki kanan dan kaki kiri serta melakukan koordinasi antara gerakan mata, kepala dan tangan. Salah satu kegiatan menarik yang dapat membantu menstimulasi perkembangan motorik kasar pada anak adalah melalui kegiatan menari. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan tari kreasi awas batur untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Gedur Kelurahan Abian Tubuh Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Gedur Kelurahan Abian Tubuh Baru yang terdiri dari 3 orang anak perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap uji coba, dimana setiap tahap uji coba terdiri dari 2 pertemuan. Hasil yang diperoleh pada 3 subyek selama 3 tahap uji coba yakni pada uji coba I mencapai nilai rata-rata sebesar 46.7%, uji coba II mencapai nilai rata-rata sebesar 70% dan uji coba III mencapai nilai rata-rata sebesar 82%. Subyek I memperoleh nilai tertinggi yakni sebesar 93.4% (bekembang sangat baik) dan nilai terendah diperoleh subyek II yakni sebesar 88.1% (berkembang sangat baik). Adapun hal yang perlu ditingkatkan kembali yakni pada deskriptor menggerakkan siku ke atas dan ke bawah serta melakukan koordinasi antara mata, kepala dan tangan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan anak mengalami peningkatan, salah satunya dalam hal menggoyangkan pinggul atau “ngecok”. Sehingga bentuk dan langkah-langkah tari kreasi awas batur dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Gedur Kelurahan Abian Tubuh Baru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :Perkembangan motorik kasar, tari kreasi awas batur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:12
Last Modified: 29 Jun 2021 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22416

Actions (login required)

View Item View Item