PENGEMBANGAN TARI KREASI TONGKAT UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN BTN SWETA KELURAHAN TURIDA

MADE, WIDYANITA DEWI SANTI (2021) PENGEMBANGAN TARI KREASI TONGKAT UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN BTN SWETA KELURAHAN TURIDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MADE WIDYANITA DEWI SANTI (E1F016041).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tari kreasi tongkat merupakan tarian yang gerakannya didesain sesederhana mungkin agar anak usia dini dapat menarikan tarian ini dan dapat menstimulus perkembangan sosial emosional anak khususnya anak usia 5-6 tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan tari kreasi tongkat untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Lingkungan BTN Sweta Kelurahan Turida tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tari kreasi tongkat yang dapat meningkatkan Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan subjek penelitian tiga orang anak usia 5-6 tahun di Lingkungan BTN Sweta Indah Kelurahan Turida. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 3 kegiatan, setiap kegiatan terdiri dari 2 pertemuan. Hasil yang diperoleh pada 3 subyek selama 3 kegiatan yakni pada kegiatan I mencapai nilai rata-rata sebesar 58%, kegiatan II mencapai nilai rata-rata sebesar 59% dan kegiatan III mencapai nilai rata-rata sebesar 77%. Dengan menggunakan gerakan-gerakan yang tepat tari kreasi tongkat dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Lingkungan BTN Sweta Kelurahan Turida Tahun 2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sosial Emosional, tari kreasi tongkat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:55
Last Modified: 29 Jun 2021 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22417

Actions (login required)

View Item View Item