PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 BATUKLIANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NUNUNG, SUPITA ELISA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 BATUKLIANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - NUNUNG SUPITA ELISA (E1R114052).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Batukiang Utara tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan the posttest only design with nonequivalent groups. Seluruh kelas VIII SMPN 2 Batukliang Utara yang terdiri dari dua kelas merupakan subjek penelitian. Kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe think talk write (TTW) dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol memperoleh pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes uraian. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk melihat perbedaan prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan uji effect size untuk melihat besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Batukliang Utara. Berdasarkan hasil analisis data hasil posttest menunjukkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 62,28 dan kelas control sebesar 51,25 ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe think talk write (TTW) lebih baik dibandingkan pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar siswa. Analisis data dengan uji-t pada taraf signifikan 5% �ℎ����� ≥ ������, yaitu 4.03 ≥ 1,67, dan uji effect size dengan d = 1,17 (tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemelajaran dengan model kooperatif tipe think talk write (TTW) berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Batukliang Utara tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW), prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:55
Last Modified: 29 Jun 2021 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22418

Actions (login required)

View Item View Item