DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL DI SMPN 1 LABUHAN HAJI TAHUN AJARAN 2020/2021

AYU, LESTARI HANDAYANI (2021) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL DI SMPN 1 LABUHAN HAJI TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah aritmetika sosial tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian dan wawancara. Subyek dalam penelitian ini yaitu 20 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun indikator kemampuan berpikir kritis meliputi klarifikasi, assesment, strategi, dan inferensi. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Jumlah Subjek dengan kategori tinggi yaitu 3 orang siswa, menunjukkan bahwa pada bagian klarifikasi, assesment, strategi, dan inferensi dapat menyatakan permasalahan dengan tepat dan lengkap (2) Jumlah Subjek dengan kategori sedang yaitu 5 orang siswa, menunjukkan bahwa pada bagian klarifikasi,assesment,strategi, dan inferensi dapat menyatakan permasalahan dengan kurang lengkap (3) Selanjutnya, Jumlah subjek dengan kategori rendah yaitu 12 orang siswa, menunjukkan bahwa pada bagian klarifikasi, assement,strategi,dan inferensi tidak tepat dalam menyatakan permasalahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis; Pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:55
Last Modified: 29 Jun 2021 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22420

Actions (login required)

View Item View Item