PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA SMA NW MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AENA, MALINI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA SMA NW MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - AENA MALINI (E1R114003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA NW Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA NW Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yakni dengan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, sehingga diperoleh sampel kelas XI MIA 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa (post-test) pada materi barisan dan deret. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata siswa yang memperoleh pemebelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Sedangkan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika diukur menggunakan effect size dengan kategori sedang. Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) cukup berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA NW Mataram. Bagi guru, khususnya di SMA NW Mataram diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) sebagai alternatif pembelajaran matematika selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, Think Talk Write, pemecahan masalah matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:55
Last Modified: 29 Jun 2021 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22428

Actions (login required)

View Item View Item