PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPK TUNAS DAUD MATARAM PADA MATERI POLA BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

GUSTI AYU RARASANTI, I (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPK TUNAS DAUD MATARAM PADA MATERI POLA BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IGA RARASANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada pola bilangan siswa kelas VIII di SMPK Tunas Daud Mataram tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini ex-post facto. Kelas sampel dipilih menggunakan Sampling Jenuh, diperoleh 34 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioer motivasi belajar dan perhatian orang tua dan tes pola bilangan. Analisis data program SPSS 21, terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat pada analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas hasil di dapatkan pada motivasi belajar yaitu 0,245 dan perhatian orang tua yaitu 0,162 sehingga di katakan data berdistribusi normal, uji linieritas hasil yang di dapat pada motivasi belajar yaitu 0,958 dan perhatian orang tua yaitu 0,597 sehingga data memiliki hubungan terhadap prestasi belajar dan uji multikolinieritas hasil yang di peroleh yaitu 1,340 yaitu tidak terdapat hubungan antar variabel bebas. Besar sumbangan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 19,6 % dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika sebesar 19,2%. Adanya hubungan yang positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yang positif. Nilai koefisien yang positif menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar dan perhatian orang tua maka semakin tinggi pula hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 05:33
Last Modified: 29 Jun 2021 05:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22429

Actions (login required)

View Item View Item