PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSITE 2 APK BUILDER PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA

ELMI, ROYANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSITE 2 APK BUILDER PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELMI ROYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran kimia berbasis website 2 APK builder pada materi larutan asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk awal dan evaluasi produk. Populasi dalam penelitian ini adalah 94 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kopang. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kopang yang diambil secara acak terdiri atas 10 siswa kelas XI MIPA 1, 10 siswa kelas XI MIPA 2 dan 10 siswa kelas XI MIPA 3. Hasil penilaian validitas oleh ketiga validator menggunakan indeks Aiken diperoleh nilai V = 0,89 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis website 2 APK builder pada materi larutan asam basa sangat valid untuk diujicobakan. Hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, menunjukkan rata-rata kepraktisan untuk semua komponen sebesar 84% yang berarti bahwa media yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan. Sementara itu, keefektifan dapat dilihat dari respon siswa yang menunjukkan respon sangat baik dengan rata-rata keefektifan untuk semua komponen sebesar 91% yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat efektif untuk digunakan. Secara umum, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis website 2 APK builder pada materi larutan asam basa yang dikembangkan bersifat valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Website 2 APK Builder, Larutan Asam Basa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 23:51
Last Modified: 29 Jun 2021 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22435

Actions (login required)

View Item View Item