Kebijakan Pertahanan Jepang Terhadap Keterlibatan Self Defense Force (SDF) Dalam United Nations Peacekeeping Operations (UN-PKO) (Studi Kasus: PKO di Sudan Selatan Tahun 2011-2017)

HERY, IRAWAN (2021) Kebijakan Pertahanan Jepang Terhadap Keterlibatan Self Defense Force (SDF) Dalam United Nations Peacekeeping Operations (UN-PKO) (Studi Kasus: PKO di Sudan Selatan Tahun 2011-2017). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hery Irawan-L1A017054-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perkembangan kebijakan pertahanan Jepang berpengaruh terhadap keterlibatan Self Defense Force (SDF) dalam United Nations Peacekeeping Operations (UN-PKO) khususnya di Sudan Selatan tahun 2011-2017. Tulisan ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis data adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mengambil berbagai sumber bacaan seperti buku, jurnal, artikel, portal resmi pemerintahan serta portal berita internasional. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kebijakan pertahanan Jepang dipengaruhi oleh respon Jepang terhadap kondisi lingkungan internasional, strategi, doktrin pertahanan, proses pembuatan kebijakan pertahanan, pola hubungan sipil militer yang berubah, serta hubungan dengan China dan Korut yang berupa enmity. Hal ini kemudian berdampak terhadap perluasan peran dan tanggung jawab SDF Jepang dalam operasi perdamaian khususnya dalam PKO di Sudan Selatan tahun 2011-2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kebijakan Pertahanan, Self Defense Force, Operasi Perdamaian (PKO), Hubungan Sipil Militer, Sudan Selatan.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Jun 2021 05:55
Last Modified: 30 Jun 2021 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item View Item