STANDAR ISI, BAHASA DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK SERI HOTS TERBITAN MEDIATAMA (2019) TEMA 1 “INDAHNYA KEBERSAMAAN” KELAS IV KURIKULUM 2013

YOLANDA, SAFITRI (2021) STANDAR ISI, BAHASA DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK SERI HOTS TERBITAN MEDIATAMA (2019) TEMA 1 “INDAHNYA KEBERSAMAAN” KELAS IV KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YOLANDA SAFITRI (E1E217186).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Buku merupakan sumber pengetahuan yang dijadikan sebagai referensi dan acuan untuk mendapatkan pengetahuan yang baru dan sangat dibutuhkan dari berbagai kalangan. Penyusunan materi dalam buku teks harus sesuai dengan standar penyusunan buku. Saat ini banyak buku di pasaran yang dibuat oleh proyek – proyek untuk mengejar target tanpa memperhatikan penyusunan buku teks yang sesuai dengan standar. Hal ini tentunya dapat menjadi salah satu sumber masalah dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian standar isi, bahasa, dan penyajian pada buku teks tematik seri hots terbitan mediatama (2019) tema 1 “indahnya kebersamaan” kelas IV kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian jenis analisis isi yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi dokumenter dengan menggunakan instrument rubrik penilaian yang bersumber dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil atau Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks tematik standar isi, bahasa dan penyajian buku tematik seri hots terbitan mediatama (2019) tema 1 “indahnya kebersamaan” kelas iv kurikulum yang dilihat dari standar isi, bahasa dan penyajian diperoleh persentase sebanyak : (1) kesesuaian pada standar isi adalah sebesar 94,98% yang tergolong dalam kategori sangat lengkap; (2) kesesuaian pada standar bahasa sebesar 91,65% yang tergolong dalam kategori sangat lengkap; dan (3) kesesuaian pada standar penyajian sebesar 100% yang tergolong dalam kategori sangat lengkap.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Standar isi, bahasa dan penyajian, Buku tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Jun 2021 05:55
Last Modified: 30 Jun 2021 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22461

Actions (login required)

View Item View Item