PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK

MAYA, ASTIKA (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAYA ASTIKA E1Q016040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisis materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes berupa soal uraian. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan soal. Data validitas dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata akhir (NA) dari validator ahli dan praktisi. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan standar gain dari hasil sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Data hasil validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada tingkat sangat valid dengan nilai rata-rata akhir 3,48 sehingga perangkat yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Data hasil reliabilitas terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan nilai rata-rata 93,21 % termasuk dalam kategori reliabel. Kemampuan berpikir kritis dengan model discovery learning mengalami peningkatan sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model discovery learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Jun 2021 05:55
Last Modified: 30 Jun 2021 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22462

Actions (login required)

View Item View Item