KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

YENNY, INDRIANI (2021) KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SKRIPSI YENNY INDRIANI (E1R116039).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dan mendeskripsikan kendala mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram dalam membuat RPP model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PLP program studi pendidikan matematika semester 7 FKIP Universitas Mataram 2020/2021, yang terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas (A, B, dan C). Untuk sampel penelitian ini adalah 7 orang mahasiswa PLP program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram tahun ajaran 2020/2021 yang menyusun RPP model Problem Based Learning. Analisis data pada penelitian ini ada 2 macam yaitu analisis kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam membuat RPP model Problem Based Learning dan analisis data kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan kendala mahasiswa dalam membuat RPP model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data pada penilaian RPP dilakukan dengan cara mengumpulkan RPP mahasiswa yang menerapkan model Problem Based Learning dan menilai RPP tersebut satu persatu dan mencocokkan dengan komponen-komponen RPP yang sudah ditetapkan, sedangkan pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan mahasiswa untuk mendapatkan data pendukung tentang kendala mahasiswa pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram dalam membuat RPP model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 9 aspek penilaian RPP yang akan dinilai pada 7 orang mahasiswa yang membuat RPP model Problem Based Learning. Dan rata-rata persentase dari ke 9 aspek yang dinilai oleh 3 penilai sebanyak 64,04 pada kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan mahasiswa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:48
Last Modified: 05 Jul 2021 03:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22509

Actions (login required)

View Item View Item