PENGARUH MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN WEB TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMAN 4 PRAYA TAHUN 2019/2020.

Lalu, Irfan Abdul Manaf (2021) PENGARUH MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN WEB TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMAN 4 PRAYA TAHUN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lalu Irfan Abdul Manaf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis siswa yang tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum tepatnya model pembelajaran yang digunakan dimana model tersebut tidak mengajar siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan web dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 4 Praya tahun 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model penemuan terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMAN 4 Praya tahun 2019/2020.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dalam eksperimen ini peneliti menggunakan eksperimen semu, dan dipilih dua kelas sebagai penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 4 Praya, dan dipilih dua kelas sebagai kelas sample yakni kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Siswa pada kelas X MIPA 5 menggunakan model penemuan terbimbing berbantuan web, sedangkan siswa pada kelas X MIPA 3 Menggunakan model penemuan terbimbing tanpa bantuan web. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen terdapat pada kategori kurang efektif dan kelas kontrol berada pada kategori tidak efektif .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : penemuan terbimbing, website, berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:48
Last Modified: 05 Jul 2021 03:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22510

Actions (login required)

View Item View Item