(PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 1 PARADO WANE TAHUN PELAJARAN 2020/2021)

NURUL, FAUZIAH (2021) (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 1 PARADO WANE TAHUN PELAJARAN 2020/2021). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL FAUZIAH (E1E216142).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 1 Parado Wane Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian eksperimen Quasi Experimental Design dengan pola Noneqevalen Grup Design. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Parado Wane sebanyak 37 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Dalam penelitian menggunakan tes kemampuan berbicara siswa dalam bentuk instrumen (pretest dan posttest). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,487 dan t-tabel sebesar 2,093 dengan taraf signifikan 5%. Penjelasan tersebut menunjukan bahwa t- hitung > t-tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 1 Parado Wane Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengaruh, Model SFE, Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:28
Last Modified: 05 Jul 2021 07:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22523

Actions (login required)

View Item View Item