PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU MBOJO KELAS IV SDN INPRES PANDAI

WULANDARI, WULANDARI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU MBOJO KELAS IV SDN INPRES PANDAI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop up book berbasis kearifan lokal Suku Mbojo pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D).Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE yang dikembangkan oleh Benny (2010:125). Pada tahap pertama hasil rata-rata validasi oleh ahli materi memperoleh skor 25 dengan rerata 4,16 dimana nilai tersebut terletak pada interval 3,40 > X ≤ 4,21 dan rata- rata validasi ahli media pada tahap pertama memperoleh skor 52 dengan rerata 3,71 dimana nilai tersebut terletak pada interval 3,40 > X ≤ 4,21 dan validasi media pada tahap kedua memperoleh rata-rata skor 65 dengan rerata 4,64 dimana nilai tersebut terletak pada interval X > 4,21 pada hasil respon guru memperoleh rata-rata skor 56 dengan rerata 4,66 dimana nilai tersebut terletak pada interval X > 4,21 dan hasil respon siswa memperoleh rata-rata jumlah skor 56 dengan rerata 4,66 dimana nilai tersebut terletak pada interval X > 4,21. Dapat disimpulkan bahwa media pop up book berbasis kearifan lokal untuk kelas IV sangat baik sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, Media Pop Up Book, Berbasis Kearifan Lokal Suku Mbojo
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:29
Last Modified: 05 Jul 2021 07:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22531

Actions (login required)

View Item View Item