HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL GURU DAN EFIKASI DIRI SISWA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5 SDN GUGUS V MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

BAIQ, AYUNDA MARDIANTI (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL GURU DAN EFIKASI DIRI SISWA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5 SDN GUGUS V MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baiq Ayunda Mardianti_E1E017022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan dukungan sosial guru dan efikasi diri siswa dengan motivasi berprestasi siswa kelas 5 SDN Gugus V Mataram. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel penelitian siswa kelas 5 SDN Gugus V Mataram yang berjumlah 147 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial guru dengan motivasi berprestasi siswa. Nilai korelasi sebesar 0,699, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial guru, semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri siswa dengan motivasi berprestasi siswa. Nilai korelasi sebesar 0,733, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi diri siswa, semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial guru dan efikasi diri siswa secara bersama-sama dengan motivasi berprestasi siswa. Nilai korelasi sebesar 776 dan p (Sig.) sebesar 0,000<0,05, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial guru dan efikasi diri siswa, semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa, dan tingkat sumbangan variabel dukungan sosial dan efikasi diri terlihat dari nilai koefisien determinasi sebesar 59,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: dukungan sosial guru, efikasi diri, motivasi berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 03:58
Last Modified: 07 Jul 2021 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22593

Actions (login required)

View Item View Item