RESPON KONSUMSI BAHAN KERING DAN PRODUKSI SUSU KAMBING PERANAKAN ETTAWA (PE) YANG DIBERI RANSUM DENGAN PERBANDINGAN HIJAUAN DAN KONSENTRAT YANG BERBEDA

KHAIRURROZIQIN, MUH. (2021) RESPON KONSUMSI BAHAN KERING DAN PRODUKSI SUSU KAMBING PERANAKAN ETTAWA (PE) YANG DIBERI RANSUM DENGAN PERBANDINGAN HIJAUAN DAN KONSENTRAT YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUH. KHAIRURROZIQIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi respon konsumsi bahan kering dan produksi susu kambing PE yang diberikan perlakuan ransum dengan imbangan hijauan dan konsentrat yang berbeda (P1= 75%: 25%; P2= 60% : 40%; dan P3= 50% : 50%berbasis bahan kering).Penelitian ini menggunakan 9 ekor kambing PE laktasi dengan masa laktasi 2 – 3 bulan dan periode laktasi 1 – 3 yang dibagi menjadi 3 kelompok berat badan (ringan; sedang; berat). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan kelompok berat badan kambing sebagai ulangan (3 ulangan). Hijauan yang diberikan adalah rumput Gajah, sedangkan konsentrat terbuat dari campuran konsentrat ayam (34% protein kasar) dan dedak padi (8% protein kasar) dengan perbandingan 1 : 1 dan ditambahkan 1% mineral mix khusus untuk kambing. Rumput gajah diberikan 3X sehari (pagi, siang , sore) sedangkan konsentrat diberikan 1x sehari pada siang hari. Parameter yang diamati adalah konsumsi bahan kering rumput gajah, konsumsi bahan kering konsentrat, total konsumsi bahan kering per ekor per hari serta produksi susu harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imbangan rumput Gajah dan konsentrat pada ransum kambing PE laktasi mempengaruhi secara signifikan (P<0.05) konsumsi bahan kering rumput gajah dan konsumsi bahan kering konsentrat, namun total konsumsi bahan kering, konsumsi air minum dan produksi susu tidak dipengaruhi secara signifikan (P>0.05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa imbangan rumput gajah dan konsentrat dalam ransum kambing PE laktasi yang paling efisien adalah imbangan 75% rumput Gajah dan 25% konsentrat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kambing PE; imbangan hijauan dan konsentrat; konsumsi BK dan produksi susu.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jul 2021 05:46
Last Modified: 08 Jul 2021 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22600

Actions (login required)

View Item View Item