EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT NOMOR 7 TAHUN 2020 TENTANG PENANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR (STUDI DI KOTA MATARAM)

ANGELLIA, GUNAWAN (2021) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT NOMOR 7 TAHUN 2020 TENTANG PENANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR (STUDI DI KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANGEL SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setelah dilakukannya berbagai upaya penanggulangan wabah Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi NTB, termasuk dengan telah dibentuknya Peraturan Daerah Provinsi Tentang Penanggulangan Penyakit Menular dengan harapan agar akan terjadi penurunan jumlah kasus Covid-19. Namun, penanggulangan Covid- 19 melalui diberlakukannya perda tersebut belum juga menunjukkan hasil yang signifikan. Sehingga permasalahan yang akan diteliti dalam usulan penelitian ini yakni bagaimana efektivitas pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Penanggulangan Penyakit Menular di era pandemi Covid-19 di Kota Mataram dan apa kendala-kendala yang dihadapi oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Mataram dalam pelaksanaan Perda tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi NTB Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Penanggulangan Penyakit Menular yang ada di Kota Mataram. Jenis penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian normatif empiris. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa efektivitas pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi tersebut khususnya di Kota Mataram berdasarkan analisis menggunkan teori efektivitas hukum dikatakan tidak efektif. Adapun Kendala-kendala yang dihadapi oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Mataram dibagi menjadi empat kendala-kendala yang diantaranya yakni sedikitnya petugas Satgas Covid-19 yang melakukan pengawasan dan penindakan, kurangnya kesadaran hukum masyarakat, tidak tegasnya petugas dalam melakukan penegakan hukum dan sanksi yang diatur dalam Perwal Nomor 34 Tahun 2020 tidak menimbulkan efek jera. Maka diperlukan kesadaran hukum bagi masyarakat khususnya untuk menaati aturan hukum mengenai protokol kesehatan. Dan diharapkan adanya sanksi tegas yang diberikan kepada pelanggar protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Efektivitas, Peraturan Daerah, Tentang Penanggulangan Penyakit Menular.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jul 2021 05:46
Last Modified: 08 Jul 2021 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22601

Actions (login required)

View Item View Item