PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

MUH AGRI YUSNA, L. (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (L. MUH AGRI YUSNA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan produk perangkat pembelajaran dengan model reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D Models yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Desain), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari hasil rata-rata perhitungan skor penilaian enam ahli yang dihitung dengan validitas dan reliabilitas perangkat. Selanjutnya dilakukan penyebaran angket respon pada mahasiswa S1 pendidikan fisika FKIP, Universitas Mataram. Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli menunjukkan bahwa hasil pengembangan perangkat pembelajaran memiliki nilai kelayakan dengan kriteria cukup valid dan reliabel pada Silabus, RPP, Materi Ajar, LKPD dan instrumen tes yang dikembangkan. Hasil respon mahasiswa menunjukkan respon sangat baik sehingga, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dengan model reciprocal teaching layak dilanjutkan ke tahap uji coba dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Reciprocal Teaching, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jul 2021 05:46
Last Modified: 08 Jul 2021 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22605

Actions (login required)

View Item View Item