Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Kitolod (Isotoma longiflora) Terhadap BakterI Vibrio sp. Penyebab Vibriosis Pada Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)

Sari Hidayati, Sari Hidayati and Salnida Yuniarti Lumbessy, S.Y. Lumbessy and Fariq Azhar, Fariq Azhar Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Kitolod (Isotoma longiflora) Terhadap BakterI Vibrio sp. Penyebab Vibriosis Pada Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Mandalika University of Education.

[img]
Preview
Text
Bioscientist Jurnal Ilmiah Biologi Vol.9_1-Juni 2021.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak etanol daun kitolod terhadap bakteri Vibrio sp. penyebab penyakit vibriosis pada udang vaname secara in vitro. Pembuatan ekstrak daun kitolod menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 96%. Ekstrak etanol daun kitolod dianalisis dengan GC-MS. Pengujian antibakteri dengan metode difusi disk menggunakan 4 variasi konsentrasi, yaitu: 12,5%, 25%, 50%, dan 100% terhadap 3 jenis bakteri Vibrio sp., yaitu: Vibrio harveyi, Vibrio parahaemolyticus, dan Vibrio alginolyticus. Antibiotik rifampicin digunakan sebagai kontrol positif, dan aquades sebagai kontrol negatif. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 3 kali ulangan. Hasil karakterisasi dan identifikasi dengan GC-MS menunjukkan adanya senyawa aktif asam ftalat pada esktrak etanol daun kitolod. Ekstrak daun kitolod 25%, 50%, dan 100% memiliki kemampuan yang sama dalam menghambat pertumbuhan Vibrio alginolyticus. Ekstrak daun kitolod 50% dan 100% memiliki kemampuan yang sama dalam menghambat Vibrio harveyi dan ekstrak daun kitolod 100% memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menghambat pertumbuhan Vibrio parahaemolyticus

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Kitolod, Antibakteri, Vibrio sp., Udang Vaname.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: . Salahudin, A.Md.,S.Adm. ,
Date Deposited: 08 Jul 2021 05:46
Last Modified: 08 Jul 2021 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22615

Actions (login required)

View Item View Item