PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FLUIDA SISWA SMAN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

TUQALBY, RAEHANA (2017) PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FLUIDA SISWA SMAN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi konflik kognitf terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis pada materi fluida siswa SMAN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian quasiexperiment dengan desain untreated control group design with pretest and posttes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Mataram. Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penguasaan konsep dilakukan menggunakan tes pilihan ganda dan kemampuan berpikir kritis dengan tes uraian. Uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis ditentukan berdasarkan hasil uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada kedua kelas. Kelas eksperimen mengalami peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa strategi konflik kognitif berpengaruh meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis pada materi fluida siswa SMAN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): konflik kognitif, penguasaan konsep, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:03
Last Modified: 10 Apr 2018 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item