PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

NIKITA, PUTRI (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NIKITA PUTRI (E1M017049) final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran kimia berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian Brog and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 5 Mataram pada tahun akademik 2020/2021, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 23 orang siswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas (kelayakan) modul pembelajaran yang dikembangkan dari 4 validator dengan menggunakan indeks Aiken (V) sebesar 0,85 dalam kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan modul pembelajaran diukur melalui respon siswa terhadap modul pembelajaran. Hasil analisis respon siswa berada pada kategori sangat praktis dengan persentase praktikalitas sebesar 82,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis POE pada materi sifat koligatif larutan yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran mandiri di masa pandemi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, modul pembelajaran, POE, sifat koligatif larutan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jul 2021 05:03
Last Modified: 12 Jul 2021 05:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22637

Actions (login required)

View Item View Item