PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN BREE, KABUPATEN SUMBAWA BARAT

NURHAIRUNNISA, NURHAIRUNNISA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN BREE, KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURHAIRUNNISA_E1E016110_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam proses belajar, model pembelajaran berperan penting dalam menciptakan keaktifan siswa yang berkaitan dengan hasil belajar matematika. Oleh sebab itu, seorang guru harus kreatif dan inovatif dalam membelajarkan matematika supaya suasa kelas tidak menoton dan hasil belajar lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative tipe Course Review Horay terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran matematika di SDN Bree, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SDN Bree, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu 35. Dalam hal ini siswa kelas IV tersebut dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran serta keaktifan siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar matematika. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian dilihat dari lembar observasi keaktifan belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 30,6 sedangkan dikelas kontrol nilai rata-rata sebesar 27,8. Untuk nilai rata-rata hasil belajar siswa mata pelajaran matematika, dilihat dari hasil posttest pada kelas eksperimen sebesar 75 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,4 dengan demikian kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menggunakan SPSS 26 for windows dengan taraf signifikan 5% menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap keaktifan yang berhubungan dengan antusias siswa dalam belajar, pemahaman materi serta penyelesaian tugas dengan skor rata-rata 30,6 dengan persentase 85% dan hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan skor rata-rata 75 dan persentase ketuntasan 83,3% di SDN Bree, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Tipe Course Review Horay, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jul 2021 05:03
Last Modified: 12 Jul 2021 05:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22639

Actions (login required)

View Item View Item