EFEKTIVITAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 54 TAHUN 2007 TENTANG PELAKSANAAN PENGANGKATAN ANAK (Studi di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat)

NYOMAN SRI SUKMA MEGA VIEDNY, NI (2021) EFEKTIVITAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 54 TAHUN 2007 TENTANG PELAKSANAAN PENGANGKATAN ANAK (Studi di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI NYOMAN SRI S M V (D1A017223).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 Tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak pada masyarakat Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tersebut tidak melakukan pengangkatan anak berdasarkan PP Pengangkatan Anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian normatif empiris. Hasil penelitian terungkap bahwa seluruh masyarakat pada beberapa desa di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat menggunakan cara kesepakatan baik lisan maupun tertulis namun hanya 20% atau 3 keluarga yang menggunakan cara pengangkatan anak sebagaimana yang diatur dalam PP Pengangkatan Anak. Sedangkan faktor- faktor yang menyebabkan masyarakat di Kecamatan Narmada, melakukan pengangkatan anak tidak berdasarkan dalam PP Pengangkatan Anak adalah faktor aparatur pemerintah yang tidak pernah melakukan sosialisasi terkait PP Pengangkatan Anak sehingga masyarakat tidak mengetahui akan PP Pengangkatan Anak tersebut dan faktor dari masyarakat itu sendiri dengan adanya stigma atau anggapan dalam masyarakat bahwa tata cara pengangkatan anak melalui penetapan pengadilan dan juga secara adat adalah rumit dan memerlukan biaya yang besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Efektivitas, peraturan, pengangkatan anak.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jul 2021 06:49
Last Modified: 12 Jul 2021 06:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22643

Actions (login required)

View Item View Item