NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA BERKEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUMBAWA BARAT

Reta, Yunita (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA BERKEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RETA YUNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karater yang terdapat dalam cerita „Batu Nganga‟ dan „Petung Mampes‟. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi literatur. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi kualitatif (qualitative content analysis). Hasil penelitian yang di analisis oleh peneliti berdasarkan pendapat Sejarawan KSB pada buku kumpulan cerita rakyat Sumbawa Barat karya Sanapiah Amin (2010) menunjukkan bahwa ditemukannya beberapa nilai karakter dalam cerita Batu Nganga dan Petung Mampes. Berdasarkan pendapat sejarawan yang dianalisis oleh peneliti, buku kumpulan cerita rakyat Sumbawa Barat karya Sanapiah Amin tentang „Batu Nganga‟ ditemukan 12 nilai pendidikan karakter, yakni karakter cinta damai, religius, kerja keras, disiplin, mandiri, tanggung jawab, toleransi, rasa ingin tahu, peduli sosial, peduli lingkungan, bersahabat/ berkomunikatif, dan jujur. Pada cerita „Petung Mampes‟ ditemukan 11 nilai pendidikan karakter, yakni karakter bersahabat/ berkomunikatif, peduli sosial, peduli lingkungan, cinta damai, jujur, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, kreatif, toleransi, gemar membaca, dan religius. Hasil penelitian adalah pada cerita „Batu Nganga‟ nilai pendidikan karakter yang paling dominan yaitu pendidikan karakter religius. Pesan cerita ini tentang pentingnya beragama bagi para pembacanya. Persentase nilai pendidikan pendidikan karakter dalam cerita „Batu Nganga‟ adalah karakter religius 33,3%, tanggung jawab 15%, kerja keras 11,5%, disiplin 10,3%, rasa ingin tahu 8%, peduli sosial 5,8%, jujur 4,6%, mandiri dan toleransi 3,4%, cinta damai 2,3%, peduli lingkungan dan bersahabat/ berkomunikatif 1,1%. Kemudian pada cerita „Petung Mampes‟ nilai pendidikan karakter yang paling dominan yaitu pendidikan karakter bersahabat/ berkomunikatif. Pesan cerita ini adalah tentang caranya berkomunikasi atau bergaul dengan orang lain dengan tutur kata yang sopan dan santun. Persentase nilai pendidikan karakter dalam cerita „Petung Mampes‟ adalah karakter bersahabat/ berkomunikatif 47,3%, religius 21,8%, rasa ingin tahu 7,3%, peduli sosial dan peduli lingkungan 5,5%, kreatif 3,6%, cinta damai, jujur, menghargai prestasi, toleransi, dan gemar membaca 1,8%. Kedua cerita ini sangat bagus untuk mengembangkan nilai karakter anak, sehingga sangat cocok dibaca oleh anak-anak sekolah dasar pada khususnya kelas tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Cerita Batu Nganga dan Petung Mampes
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jul 2021 06:49
Last Modified: 12 Jul 2021 06:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22644

Actions (login required)

View Item View Item