INTEGRITAS MIKROSKOPIS SPERMATOZOA SAPI BRANGUS SETELAH PENCUCIAN DENGAN LARUTAN RINGER LAKTAT DAN DISIMPAN PADA SUHU KAMAR

Feri, Kurniawan (2021) INTEGRITAS MIKROSKOPIS SPERMATOZOA SAPI BRANGUS SETELAH PENCUCIAN DENGAN LARUTAN RINGER LAKTAT DAN DISIMPAN PADA SUHU KAMAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh larutan ringer laktat sebagai medium pencucian terhadap persentase motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa sapi Brangus dan lama penyimpanan spermatozoa setelah pencucian. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus–September 2020. Penampungan semen dilakukan di Balai Inseminasi Buatan (BIB) Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat dengan menggunakan metode vagina buatan. Pencucian spermatozoa menggunakan larutan ringer laktat, pengamatan motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa dilakukan di Laboratorium Reproduksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah semen segar sapi Brangus (Amorsa, Rintam dan Tryus). Data yang diperoleh diolah menggunakan Microsoft Excel, dianalisis secara time series kemudian dibahas secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan larutan ringer laktat dapat mempertahankan motilitas spermatozoa hingga menit ke-150 pada sapi Rintam yaitu sebesar 41,1%. Motilitas spermatozoa pada sapi Amorsa hanya dapat bertahan hingga menit ke-90 yaitu 43,5% dan pada sapi Tryus hingga menit ke-120 yaitu 43%. Viabilitas spermatozoa dapat bertahan hingga menit ke-150 pada Rintam yaitu sebesar 62%, hanya dapat bertahan hingga menit ke-60 pada Amorsa yaitu 60% dan Tryus hanya dapat bertahan hingga menit ke-90 pada Tryus yaitu 63%. Abnormalitas spermatozoa sapi Amorsa, Rintam dan Tryus masih tergolong normal (tidak lebih dari 20%) hingga menit ke-150 pengamatan yaitu berturut-turut sebesar 9%, 6,7% dan 7,6%. Kesimpulan, ringer laktat sebagai medium pencucian spermatozoa memberikan pengaruh signifikan terhadap motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa. Motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa dapat dipertahankan hingga menit ke-150 setelah pencucian dengan larutan ringer laktat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Abnormalitas, motilitas, pencucian, ringer laktat, sapi Brangus, viabilitas
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2021 00:18
Last Modified: 14 Jul 2021 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22652

Actions (login required)

View Item View Item