PEMBINAAN MENTAL TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM KHUSUSNYA NARAPIDANA ANAK (Studi Kasus Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Lombok Tengah)

NADYA, ARIYANTI (2021) PEMBINAAN MENTAL TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM KHUSUSNYA NARAPIDANA ANAK (Studi Kasus Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NADYA ARIYANTI_D1A016216.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan dan kendala dalam pembinaan mental narapidana anak yang berada di LPKA Klas II Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif empiris. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan sosiologis. Hasil penelitian menunjukan pola pembinaan mental terhadap anak didik di LPKA telah sesuai dengan asas-asas yang tercantum dalam Pasal 5 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995. Selain mengatur proses pembinaan, anak didik pemasyarakatan juga mendapatkan hak pelayanan konseling dan rehabilitasi selama di LPKA. Namun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembinaan mental yakni kurang jelasnya aturan hukum tentang jumlah waktu konseling dalam Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.Hh-03.Ot.02.02 Tahun 2014 Tentang Pedoman Perlakuan Anak di Bapas, Lpas dan Lpka. Sehingga kurang efektif untuk mendengarkan keluh kesah anak didik pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Pembinaan Mental, Anak Didik Pemasyarakatan, konseling.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2021 00:18
Last Modified: 14 Jul 2021 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22654

Actions (login required)

View Item View Item