PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA MATERI ASAM BASA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Dini, Handayani (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA MATERI ASAM BASA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL DINI HANDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Pengembangan yang mengadopsi model 4D (define, design, develop, disseminate), namun dibatasi hanya pada sampai tahap pengembangan (develop). Tingkat kelayakan modul diukur melalui lembar validasi ahli dengan 6 aspek penilaian yang dinilai oleh 3 validator. Tingkat kepraktisan modul diukur melalui angket respon yang diisi oleh 22 orang siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan modul yang dihitung dengan rumus Aiken V adalah 0,83 dalam kategori sangat layak dan sangat praktis dengan persentase praktikalitas sebesar 89,14%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan bersifat layak dan praktis untuk meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Problem Based Leraning (PBL), Asam Basa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:32
Last Modified: 22 Jul 2021 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22695

Actions (login required)

View Item View Item