IDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI KELAUTAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA, LOMBOK TENGAH

FAHIRA, PUTRI UTAMI (2021) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI KELAUTAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA, LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FAHIRA PUTRI UTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjadi salah satu destinasi wisata utama yang memiliki panorama pesisir dan potensi sumberdaya laut yang melimpah, jika tidak dikelola dengan baik maka sumberdaya lautan akan mengalami kerusakan untuk itu sumberdaya manusia yang ‘melek’ akan lautan menjadi peran penting untuk mengelola sumberdaya pesisir dan lautan secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan literasi kelautan siswa berdasarkan kompetensi 7 prinsip literasi kelautan pada sekolah menengah pertama di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah. Sample sekolah penelitian adalah SMP 1 Pujut, SMP 7 Pujut, Mts Al- Ijtihad, Mts Al-Irsyad dan Mts Nw Prabu. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 9 dengan jumlah total 150 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dekriptif. Hasil penelitian kemampuan literasi kelautan siswa dengan nilai presentase setiap sekolah yakni, SMP 1 Pujut sebesar 30%, SMP 7 Pujut sebesar 34.41, Mts Al-Irsyad sebesar 27.58%, Mts Al-Ijtihad sebesar 29.58%, dan Mts Nw Prabu sebesar 25.83%. Berdasarkan hasil rata-rata presentase tes literasi kelautan sebesar 29% dapat di simpulkan bahwa kemampuan literasi kelautan siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah dikategorikan rendah. Upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi kelautan siswa guru dapat melakukan pengembangan materi dengan mengimplementasikan 7 prinsip literasi kelautan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Literasi Kelautan, Kebaharian, Konservasi, Pariwisata, KEK Mandalika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:32
Last Modified: 22 Jul 2021 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22696

Actions (login required)

View Item View Item