PENGARUH PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS KELAS V DI GUGUS IV MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

PUPUT, LUPITA SARI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS KELAS V DI GUGUS IV MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PUPUT LUPITA SARI (E1E216147).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode gallery walk terhadap hasil belajar pada muatan IPS kelas V tahun pelajaran 2020/2021(studi di SD gugus IV Mataram). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus IV Mataram yang berjumlah 124 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling jenis purposive sampling. Sampelnya adalah siswa kelas V SDN 44 Mataram yang berjumlah 14 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 12 Mataram berjumlah 13 siswa sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar IPS dan metode observasi untuk memperoleh data penerapan metode Gallery Walk. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t-test polled varian. Sebelum melakukan uji hipotesis, data yang diperoleh terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitas data. Setelah dilakukann analisis, diperoleh hasil thitung 2,680 sedangkan ttabel 2,018 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode gallery walk terhadap hasil belajar ips di gugus IV Mataram tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Gallery Walk, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:31
Last Modified: 22 Jul 2021 06:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22704

Actions (login required)

View Item View Item